Minggu, 08 Juni 2008

UNDO

Ketika saya mengetik sesuatu dengan komputer, dan ketikan saya sangat penting sekali namun salah ketik, uups …, lantas saya undo atau Ctrl+Z, atau saya delete atau backspace, lantas perbaiki kembali dan tulisan tersebut terkoreksi dengan benar. Kalau dipikir-pikir hidup di era komputer ini memang betul-betul asyiek segala kesalahan bisa kita undo, Ctrl+Z, delete atau backspace. Hal ini mengingatkan saya ketika masa kuliah dahulu, dimana pada saat itu menulis skripsi masih pake mesin tik. Ketika tulisan saya salah, terpaksa harus di tip-ex, terus diketik lagi di atas tip-ex tersebut, trus setelah skripsi dikoreksi dosen pembimbing dan banyak perubahan, maka saya ketik ulanglah skripsi tersebut, wah benar-benar pengalaman yang kurang menyedapkan.

Kalau kita bandingkan dengan sekarang di era komputer ini. Ada tulisan salah atau ada koreksi skripsi, tesis dan sebagainya cukup buka file, trus koreksilah apa yang telah dikoreksi oleh dosen pembimbing tersebut, beres sudah.

Dianalogikan dengan kehidupan nyata, alangkah enaknya jika segala sesuatu perbuatan kita yang salah bisa kita undo, Ctrl+Z, delete atau backspace, selesailah persoalan. Sehingga segala sesuatu perbuatan bisa begitu sempurna.

Sekarang timbul pertanyaan di benak kita masing-masing, bisakah perbuatan kita di ‘undo’? ahhaa ternyata bisa kok, terutama bila perbuatan tersebut masih dalam pikiran dan belum terlaksana, cepat-cepatlah undo pikiran negatif kita menjadi pikiran yang positif, pikiran emosional kita menjadi pikiran yang lebih rasional dan sebagainya. Untuk itu dalam melakukan sesuatu perbuatan, perlu untuk dipikirkan terlebih dahulu, apakah perbuatan kita nantinya akan berhasil dengan baik dan sempurna sesuai dengan pikiran kita, kalau kira-kira tidak bisa, ayo cepat di-undo, di-ctrl+Z, di-delete atau di-backspace-kan, maka akan sempurnalah semuanya.

Alangkah indahnya, alangkah asyiknya, alangkah sempurnanya hidup ini jika kita bisa menekan tombol Ctrl+Z, Delete atau backspace ke dalam kehidupan nyata, mungkinkah?

Tidak ada komentar: