Jumat, 05 September 2008

Tips Mudik Berkendaraan Umum

Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia saat Lebaran tiba. Anda yang berencana pulang kampung perlu berpikir panjang untuk memilih transportasi yang tepat. Mau memilih transportasi umum atau berkendara pribadi bersama keluarga? Tentu saja semua pilihan ada untung dan ruginya. Apa sajakah yang perlu dipertimbangkan?
Jika Anda dan keluarga bersepakat menggunakan transportasi umum, berarti harus mulai membagi tugas dengan anggota keluarga siapa yang akan mencari informasi pemesanan tiket. Sebaiknya memesan tiket jauh-jauh hari, setidaknya dua minggu sebelum hari H. Biasanya, begitu mendekati Lebaran harga tiket melambung dua kali lipat. Apalagi jika harus lewat calo.
Bawalah barang secukupnya dan jangan berlebihan agar bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Sebaiknya hindari memakai perhiasan atau membawa uang tunai berlebihan.

Siapkan Anggaran
Mudik biasanya membutuhkan dana lebih dari perkiraan. Belilah barang atau kebutuhan yang memang benar-benar dibutuhkan. Ingat, karena Lebaran kali ini jatuh di awal bulan, setelah Lebaran masih harus menunggu waktu yang lama untuk menerima gaji. Sebaiknya menyusun daftar kebutuhan, antara lain biaya transportasi pergi-pulang, biaya di kampung halaman, dan biaya tak terduga. Jangan lupa memikirkan pula anggaran untuk sebulan ke depan.

Siapkan Bekal Makanan
Melakukan perjalanan jauh (kecuali dengan pesawat terbang) pasti membutuhkan makan. Untuk penghematan, sebaiknya membawa bekal. Buah-buahan bisa jadi bekal yang bagus untuk perjalanan panjang. Selain seratnya mengenyangkan, buah juga menyediakan energi dan sejumlah gizi antioksidan sebagai penangkal kelelahan. Pilihlah buah yang praktis dan tidak repot menyantapnya.
Perlu pula membawa makanan kecil, roti isi, burger, atau roti tawar dan sejenisnya. Jika dalam perjalanan terjebak macet, dengan membawa bekal tak perlu repot mencari warung, selain tentu juga hemat. Jangan lupa membawa obat-obatan untuk persiapan di perjalanan.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya
Walau mengantongi kartu ATM, uang tunai tetap dibutuhkan. Namun, sebaiknya membawa uang tunai secukupnya. Untuk menghindari copet, simpan uang di tempat yang berbeda.

Tinggalkan Nomor Kontak pada Tetangga
Jangan lupa meninggalkan nomor HP dan telepon rumah di kampung halaman pada tetangga yang tidak mudik atau ke ketua RT agar bisa menghubungi kalau terjadi sesuatu di rumah Anda.

Arus Balik
Simpan tenaga dan tetap menjaga kesehatan untuk perjalanan balik setelah berlebaran di kampung halaman. Waktu kembali jangan terlalu mepet, esoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah. Seluruh keluarga pasti kelelahan. Ada baiknya ambil waktu sehari untuk beristirahat sebelum kembali menjalani aktivitas rutin

sumber : http://www.hubdat.web.id

Tidak ada komentar: