Kamis, 23 April 2009

e-jeepney, angkutan energi listrik


Kota Metropilitan Manila ke depan diharapkan bebas polusi, dengan beroperasinya angkutan umum yang menggunakan energi listrik (HEV – hybrid-electric vehicles). Angkutan tersebut dinamakan e-jeepney, yang merupakan pengembangan dari jeepney yang merupakan angkutan khas philipine dengan ciri khas warna-warni yang mencolok. Bedanya kalo jeepney menggunakan BBM solar maka e-jeepney ini menggunakan energi listrik sebagai bahan bakarnya.
Angkutan yang bernama e-jeepney ini beroperasi sepanjang hari, dan jika ‘low batt’ tinggal di-charge di ‘recharging station’ yang ada lokasi-lokasi tertentu.
Yang menjadi pertanyaan, kapan Indonesia punya angkutan yg begini? Saat ini yang ada adalah angkutan umum yang berbahan bakar gas (BBG), itupun kita belum tahu nasibnya bagaimana (“), sebenarnya ide angkutan HEV ini sangat baik buat mengurangi polusi udara terutama dikota-besar di Indonesia, apalagi ternyata juga diikuti oleh semua angkutan, hanya saja tinggal pengaturannya bagaimana, supaya ini bisa terwujud.
Sudah saatnya lah bagi kita semua memikirkan pengurangan polusi udara, yang kian lama kian mengkhawatirkan, Ayo Indonesia, kamu pasti bisa !!!......

sumber : dari berbagai sumber
Photo : greenpeace.org

Tidak ada komentar: